Selasa, 13 Januari 2015

Alasan bid'ah menjadi dua

Asal-usul bid'an menjadi dua, Pembagian bid’ah menjadi dua, berangkat dari hadits-hadits berikut ini: 
Mengajak perbuatan yang baik

Dua hadits kalau kita pahami sepintas seakan bertentangan..namun sebenarnya tidak.
Haditsnya sbb :
1)
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : إِنَّ خَيْرَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ وَخَيْرَالْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ 
وَشَرُّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةُ
(رواه مسلم)

“Jabir bin Abdullah berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sebaik-baik ucapan adalah kitab Allah. Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad. Sejelek-jelek perkara, adalah perkara yang baru. Dan setiap bid’ah itu kesesatan.” (HR. Muslim [867]).

Ternyata Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda:
2)
عَنْ جَرِيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الْبَجَلِيِّ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ سَنَّ فِي اْلإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِي اْلإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مَنْ بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ
رواه مسلم
“Jarir bin Abdullah al-Bajali radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang memulai perbuatan baik dalam Islam, maka ia akan memperoleh pahalanya serta pahala orang-orang yang melakukannya sesudahnya tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala mereka. Dan barangsiapa yang memulai perbuatan jelek dalam Islam, maka ia akan memperoleh dosanya dan dosa orang-orang yang melakukannya sesudahnya tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa mereka.” 
(HR. Muslim [1017]).

Nah.. dua hadits diatas sama-sama sahih, sama sama kuat.artinya kedua keduanya adalah sunnah.

Dalam hadits pertama, Rasulullah SAW menegaskan, bahwa setiap bid’ah adalah sesat. Tetapi dalam hadits kedua, Rasulullah SAW menegaskan pula, bahwa barangsiapa yang memulai perbuatan baikdalam Islam, maka ia akan mendapatkan pahalanya dan pahala orang-orang yangmelakukannya sesudahnya. 
Dengan demikian, hadits kedua jelas membatasi jangkauan makna hadits pertama  “kullu bid’atin dhalalah (setiap bid’ahadalah sesat)". 
Sebagaimana dikatakan oleh al-Imam al-Nawawi dan lain-lain. Karena dalam hadits kedua, Nabi SAW menjelaskan dengan redaksi, “Barangsiapa yang memulai perbuatan yang baik”, maksudnya baik perbuatan yang dimulai tersebut pernah dicontohkan dan pernah ada pada masa Nabi SAW, atau belum pernah dicontohkan dan belum pernah ada pada masa Nabi SAW.”

Maksud dari kata "kullu bid'atin dholalah wakullu dholalatin finnar"

Memahami Hadis "Kullu Bid'atinDholalah" Secara Ilmiah.

ﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺳﻴﺌﺔ ﺿﻼﻟﺔ
"Setiap Bidaah Itu Sesat"

Sebahagian orang selalu berhujjah dengan hadis diatas untuk mengatakan bahawa setiap perkara baru adalah bid'ah dhalalah (sesat). Pendapat sebegini boleh mengelirukan masyarakat awam yang tidak didedahkan
dengan cara beristidlal (mengeluarkan dalil) dalam masalah agama.Tulisan kali ini mengajak pembaca memahami hadis ini mengikut uraian fuqaha melalui ilmu Usul al-Fiqh, Mantik dan Balaghah.


Memahami Melalui Ilmu Usul al-Fiqh 
 Dalam kaedah Usul al-Fiqh, hadis ini termasuk didalam kaedah :
 ﺍﻟﻌﻤﻮﻡ ﺑﻤﻌﻨﻰ ﺍﻟﺨﺼﻮﺹ
"Umum dengan (membawa) makna yang khusus".

Maksudnya, perkataan bidaah (perkara baru)dalam hadis ini, adalah. Ia hendaklah dikhususkan kepada bidaah (perkara baru) yang bertentangan dengan empat sumber iaitu al-Quran, al-Sunnah, Athar Sahabat dan Ijmak. 
Bidaah yang bertentangan dengan empat sumber hukum ini disebut Bidaah Dhalalah (sesat).
Jika ia tidakbertentangan dengan empat sumber hukum ini, maka ia disebut Bid'ah Hasanah (baik).


Memahami Melalui Ilmu Mantik .
Di dalam ilmu Mantik, perkataan "kullu" ( ﻛﻞ ) terbagi kepada dua yaitu :
1. Kullu Majmuk ( ﻛﻞ ﻣﺠﻤﻊ ) : iaitu Kullu yang bererti sebagian atau sekumpulan.
2. Kullu Jaamek ( ﻛﻞ ﺟﺎﻣﻊ ) : iaitu Kullu yang bererti, semua, setiap atau keseluruhan.Dal am konteks hadis di atas, ia hendaklah difahami dengan "Sebahagian bidaah adalah sesat". Bidaah yang sesat inilah yang disebut dengan Bid'ah Dholalah.
 

Bukti adanaya Kullu Majmuk dalamal-Quran dan al-Hadis ialah : 
ﺗُﺪَﻣِّﺮُ ﻛُﻞ ﺷَﻲْﺀٍ ﺑِﺄَﻣْﺮِ ﺭَﺑِّﻬَﺎ
ﻓَﺄَﺻْﺒَﺤُﻮﺍ ﻟَﺎ ﻳُﺮَﻯٰ ﺇِﻟَّﺎ ﻣَﺴَﺎﻛِﻨُﻬُﻢْ

Yang menghancurkan segala (sebahagian) sesuatu dengan perintah Tuhannya,
maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka". 

(Al-Ahqaf :25).

Walaupun banjir besar yang berlaku padazamanNabi Nuh memusnahkan banyak benda, tetapi bukit-bukau, langit dan bumi tidakdibinasakan.

 ﻛﻞ ﺍﺑﻦ ﻳﺄﻛﻠﻪ ﺍﻟﺘﺮﺍﺏ ﺍﻻ ﻋﺠﺐ ﺍﻟﺬﻧﺐ"
Setiap anak Adam akan dimakan bumi kecuali tulang sulbi (a'jbal zanab)". 
(Riwayat al-Bukhari,Musl im, Malik, Ahmad, Abu Daud an-Nasa'idanIbn u Majah).

Keterangan hadis ini seolah-olah memberi gambaran bahawa semua jasad manusia yang meninggal dunia akan dimakan bumi, tetapi hadis lain yang menyatkaan bahawa jasad para nabi dan para syuhada' tidak
dimakan bumi.


Memahami Melalui Balaghah.
Menurut ilmu Balaghah, "Setiap benda mesti mempunyai sifat". Adalah mustahil jika satu benda, mempunyai dua sifat yang bertentangan.Berkenaan hadis,
"Setiap bid'ah itu sesat dan setiap sesat itu didalam neraka". Mengikut ilmu Balaghah, bid'ah adalah benda. Dalam hadis diatas, sifat bagi bid'ah tidak disebutkan. Jika ingin ditulis sifat bid'ah, ia membawa kemungkinan :

1) Sifat Bid'ah itu baik, maka ia akan menjadi :
ﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺣﺴﻨﺔ ﺿﻼﻟﺔ، ﻭﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺭ
"Setiap bid'ah yang baik itu sesat dan setiap kesesatan itu didalam neraka".

Perkara ini adalah mustahil kerana sifat baikdan sesat tidak boleh berkumpul dalam satu benda dan pada
waktu dan tempat yang sama.


2) Jika sifat bid'ah itu tidak baik (keji), maka ia akan menjadi :
ﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺳﻴﺌﺔ ﺿﻼﻟﺔ، ﻭﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺭ
"Setiap bid'ah yang keji itu sesat, dan setiapkesesatan itu didalam neraka"

Perkara ini boleh diterima kerana sifat baikdansesat tidak boleh berkumpul dalam satubendadandal am waktu dan tempat yang sama. Jadikenyataan "setiap bid'ah yang keji itu sesat" boleh diterima.

Hadis Lain Yang Mentakhsiskan(Mengkhususkan) Ke umuman Hadis Ini.
1 -
"Sesiapa yang mengadakan sesuatu bid'ah dhalalah (sesat) yang tidak diredhai Allah dan Rasul-Nya, maka ke atas dosanya seperti dosa orang yang mengamalkannya dengan tidak dikurangi sedikit pun daripada dosa merekaitu".(Riwayat Imam at-Tirmizi dan Imam IbnuMajah).

Kete rangan :Dalam hadis ini, perkataan "bid'ah" secara jelas ditaqyidkan (diikatkan) dengna sifatnya yang dhalalah (sesat), yang tidak diredhai Allah danRasul-Nya.
2 -
"Sesiapa yang mengadakan di dalam Islamsunnah (perkara baru) yang baik lalu diamalkan orang kemudian sunnahnya, maka untuknya pahala sebagaimana pahala orang yang mengerjakannya dengan tidak dikurangkan sedikitpun daripada pahala orang yang mengerjakan itu.
Dan sesiapayang mengadakan di dalam Islam sunnah (perkara baru) yang tidak baik lalu diamalkan orang kemudian sunnahnya itu, maka baginya dosasebagaimana dosa orang yang mengerjakannya dengan tidak
dikurangkan sedikitpun dari dosaorang
yang mengerjakan itu. (Riwayat ImamMuslim).

Keteragan :Mewujudkan perkara baru yang baik (Bid'ahHasanah) akan diberi pahala, manakala mewujud kan perkara baru yang tidak baik(Bid'ah Dhalalah) akan mendapat dosa.
3 - 
"Sesiapa yang membuat sesuatu yang barudalam urusan(agama) kami ini, sesuatu yangbukan daripadanya (agama), maka ia tertolak. (Riway at Imam Bukhari dan Muslim)
 

Keterangan :
i) Manthuq al-Hadis (maksud tersurat) :"Membuat sesuatu yang baru yang bukan daripada agama (iaitu yang bercanggah dengan al-Quran, Hadis Athar dan Ijmak), maka ia tertolak".Inilah namanya Bid'ah Dhalalah.
ii) Mafhum Mukhalafah (maksud tersirat)"Mengadakan sesuatu yang baru, yang datangdaripada agama (iaitu yang ada dalil umum dari atau tidak bercanggah dengan empat sumber itu), maka ia tidak tertolak". Inilah namanya Bid'ahHasanah.

Kesimpulan.
Para fuqaha' sangat teliti dalam menghukumkan sesuatu perkara baru yang tidak pada zamanNabi.Menghukumkan secara mutlak dengan bid'ahdholalah (sesat) adalah sangat jauh daripada kebenar an. Ini kerana bid'ah dholalah akan membawa pelakunya kepada neraka.Na'uzubillah.
Hadis yang berkaitan dengan bid'ah di atas hendaklah difahami sedalam-dalamnya. Oleh sebab itulah para fuqaha' (semoga Allah membalas mereka dengan ganjaran yang sempurna), menjelaskannya melalui ilmu
Usul al-Fiqh, ilmu Mantik dan ilmuBalaghah,
agar hadis ini difahami dengan tahqiq(benar).


SLOGAN DUSTA WAHABI KEMBALI KE ALQUR,AN DAN SUNAH..

Coba kita cermati akibat yang ditimbulkan dari keberanian orang-orang awam menginterpretas ikan Al-Quran tanpa sarana ilmu yang memadahi. Disamping pemahaman yang kontradiktif, mereka telah
lepas dari nafas Al-Quran itu sendiri, sehingga begitu mudah mereka mengafirkan sesama umat Islam.
Hal inilah yang diwanti-wanti Rasulullah dalam sabda beliau:


ﻳَﺪْﻋُﻮﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﻛِﺘَﺎﺏِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻟَﻴْﺴُﻮﺍ ﻣِﻨْﻪُ ﻓِﻰ ﺷَﻰْﺀٍ ﻣَﻦْ
ﻗَﺎﺗَﻠَﻬُﻢْ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﻭْﻟَﻰ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻣَﺎ
ﺳِﻴﻤَﺎﻫُﻢْ ﻗَﺎﻝَ : ﺍﻟﺘَّﺤْﻠِﻴﻖُ .
“Mereka mengajak pada kitab Allah tetapi justru mereka tidak mendapat bagian sedikitpun dari Al-Quran. Barangsiapa yang memerangi mereka, maka orang yang memerangi lebih baik di sisi Allah dari mereka”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa ciri khas mereka?” Rasul menjawab “Bercukur gundul”. (Sunan Abu Daud : 4765)


ﺳَﻴَﺨْﺮُﺝُ ﻗَﻮْﻡٌ ﻓِﻲ ﺁﺧِﺮِ ﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥِ ﺃَﺣْﺪَﺍﺙُ ﺍﻟْﺄَﺳْﻨَﺎﻥِ ﺳُﻔَﻬَﺎﺀُ
ﺍﻟْﺄَﺣْﻠَﺎﻡِ ﻳَﻘُﻮﻟُﻮﻥَ ﻣِﻦْ ﻗَﻮْﻝِ ﺧَﻴْﺮِ ﺍﻟْﺒَﺮِﻳَّﺔِ ﻟَﺎ ﻳُﺠَﺎﻭِﺯُ ﺇِﻳﻤَﺎﻧُﻬُﻢْ
ﺣَﻨَﺎﺟِﺮَﻫُﻢْ ﻳَﻤْﺮُﻗُﻮﻥَ ﻣِﻦْ ﺍﻟﺪِّﻳﻦِ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﻤْﺮُﻕُ ﺍﻟﺴَّﻬْﻢُ ﻣِﻦْ
ﺍﻟﺮَّﻣِﻴَّﺔِ ﻓَﺄَﻳْﻨَﻤَﺎ ﻟَﻘِﻴﺘُﻤُﻮﻫُﻢْ ﻓَﺎﻗْﺘُﻠُﻮﻫُﻢْ ﻓَﺈِﻥَّ ﻓِﻲ ﻗَﺘْﻠِﻬِﻢْ ﺃَﺟْﺮًﺍ
ﻟِﻤَﻦْ ﻗَﺘَﻠَﻬُﻢْ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ
“Akan keluar di akhir zaman, suatu kaum
yang masih muda, berucap dengan ucapan
sebaik-baik manusia (Hadits Nabi), membaca
Al-Quran tetapi tidak melewati
kerongkongan mereka, mereka keluar dari
agama Islam sebagaimana anak panah
meluncur dari busurnya, maka jika kalian
berjumpa dengan mereka, perangilah
mereka, karena memerangi mereka menuai
pahala di sisi Allah kelak di hari kiamat “.( HR.
Bukhari Muslim)


Makna Istilah Ahlussunnah wal Jama'ah

Muslimedianews.com ~ ﻗَﺎﻝَ ﺍِﺑْﻦُ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﻓﻲِ
ﻗَﻮْﻟِﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟﻰَ: ﻳَﻮْﻡَ ﺗَﺒْﻴَﺾُّ ﻭُﺟُﻮْﻩٌ ﻭَﺗَﺴْﻮَﺩُّ ﻭُﺟُﻮْﻩٌ )ﺳﻮﺭﺓ:
ﺁﻝ ﻋﻤﺮﺍﻥ106: (, ﻓَﺄَﻣَّﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺍﺑْﻴَﻀَّﺖْ ﻭُﺟُﻮْﻫُﻬُﻢْ ﻓَﺄَﻫْﻞُ
ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻭَﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﻭَﺃُﻭﻟُﻮ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ, ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺍﺳْﻮَﺩَّﺕْ
ﻭُﺟُﻮْﻫُﻬُﻢْ ﻓَﺄَﻫْﻞُ ﺍﻟْﺒِﺪْﻋَﺔِ ﻭَﺍﻟﻀَّﻠَﺎﻟَﺔِ. )ﺷﺮﺡ ﺍﺻﻮﻝ
ﺍﻻﻋﺘﻘﺎﺩ ﺍﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ, ﺝ2 ﺹ92 )
Ibn Abbas berkata ketika menafsirkan
firman Allah: “Pada hari yang di waktu itu
ada muka yang putih berseri, dan ada pula
muka yang hitam muram.” (QS. Ali Imran:
106). “adapun orang-orang yang wajahnya
putih berseri adalah pengikut ahlussunnah
wal-jama’ah dan orang-orang yang berilmu.
Sedangkan orang-orang yang wajahnya
hitam muram, adalah pengikut bid’ah dan
kesesatan.” (Syarh Ushul I’tiqd Ahl al-
Sunnah wa al-Jama’ah, Juz 2, hal.92)
Makna Ahlussunnah Wal-Jama’ah

A. Makna Ahlun :
Keluarga ( ﺍَﻫْﻞُ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖ , keluarga dalam rumah tangga)
Pengikut ( ﺍَﻫْﻞُ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔ , pengikut sunnah)
Penduduk ( ﺍَﻫْﻞُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ , penduduk surga)

B. Makna: al-Sunnah
ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔُ ﻟُﻐَﺔً ﺍﻟﻄَّﺮِﻳْﻘَﺔُ ﻭَﻟَﻮْ ﻏَﻴْﺮَ ﻣَﺮْﺿِﻴَّﺔٍ، ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﺍِﺳْﻢٌ
ﻟِﻠﻄَّﺮِﻳْﻘَﺔِ ﺍﻟْﻤَﺮْﺿِﻴَّﺔِ ﺍﻟْﻤَﺴْﻠُﻮﻛَﺔِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ ﺳَﻠَﻜَﻬَﺎ ﺭَﺳُﻮُﻝُ
ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮُﻩُ ﻣِﻤَّﻦْ ﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻢٌ ﻓِﻲ
ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ ﻛَﺎﻟﺼَّﺤَﺎﺑَﺔِ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻢْ، ﻟِﻘَﻮﻟﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ
ﻋّﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢ: ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺴُﻨَّﺘِﻲ ﻭَﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟْﺨُﻠَﻔَﺎﺀِ ﺍﻟﺮَّﺍﺷِﺪِﻳْﻦَ
ﻣِﻦْ َﺑَﻌْﺪِﻱ، ﻭَﻋُﺮْﻓًﺎ ﻣَﺎ ﻭَﺍﻇَﺐَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣُﻘْﺘَﺪًﻯ ﻧَﺒِﻴًﺎ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﻭْ
ﻭَﻟِﻴًّﺎ، ﻭَﺍﻟﺴُّﻨِّﻲُّ ﻣَﻨْﺴُﻮْﺏٌ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﺍﻫـ )ﺣَﻀَﺮَﺓُ ﺍﻟﺸَّﻴْﺦِ
ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﻫَﺎﺷِﻢْ ﺃَﺷْﻌَﺮِﻱ، ﺭﺳﺎﻟﺔ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ
ﺹ5/ ).
Menurut bahasa: Jejak dan langkah. Secara
syar’i: Jejak yang diridhai Allah SWT dan
menjadi pijakan dalam agama, yang pernah
ditempuh oleh Rasulullah SAW atau orang
yang menjadi panutan dalam agama seperti
sahabat. Secara ‘urfi (tradisi): Ajaran yang
dilalui oleh seorang panutan dalam agama,
seperti nabi atau wali. (Risalah Ahl al-
Sunnah Wal al-Jama’ah hal.5)
Menurut Syeikh Abdul Qadir Al-Jilani Makna:
al-Jama’ah
ﻭَﺍﻟْـﺠَﻤَﺎﻋَﺔُ ﻣَﺎ ﺍﺗَّﻔَﻖَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏُ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻓﻰِ
ﺧِﻠَﺎﻓَﺔِ ﺍﻟْﺄَﺋِﻤَّﺔِ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻌَﺔِ ﺍﻟْـﺨُﻠَﻔَﺎﺀِ ﺍﻟﺮَّﺍﺷِﺪِﻳْﻦَ ﺍﻟْﻤَﻬْﺪِﻳِّﻴْﻦَ
ﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﺃَﺟْﻤَﻌِﻴْﻦَ )ﺍﻟﻐﻨﻴﺔ ﻟﻄﺎﻟﺒﻲ ﻃﺮﻳﻖ
ﺍﻟﺤﻖ, 80/1 )
Al-Jama’ah adalah segala sesuatu yang telah
menjadi kesepakatan para sahabat Nabi
pada masa Khulafaur Rasyidin yang empat,
yang telah diberi hidayah oleh Allah SWT
(Mudah-mudahan Allah memberi Rahmat
kepada mereka semua). (al-Gunyah li Thalibi
Thariq al-haqq, juz 1 hal. 80)
C. Makna: al-Jama’ah
Makna al-Jama’ah: menjaga kekompakan,
kebersamaan dan kolektifitas, kebalikan
dari kata al-furqah (golongan yang
berpecah belah).
Dikatakan al-jama’ah, karena golongan ini
selalu memelihara kekompakan,
kebersamaan dan kolektifitas terhadap
sesama. Meskipun terjadi perbedaan
pandangan di kalangan sesama mereka,
perbedaan tersebut tidak sampai
mengkafirkan, membid’ahkan dan
memfasikkan orang yang berbeda diantara
sesama ahlussunnah wal jamaah.
Mengikuti Ijma’ Ulama
ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻋُﻤَﺮَ ﻗَﺎﻝَ، ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﺳﻠﻢ : ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﻟَﺎ ﻳَﺠْﻤَﻊُ ﺃُﻣَّﺘِﻲْ ﻋَﻠَﻰ ﺿَﻼَﻟَﺔٍ، ﻭَﻳَﺪُ ﺍﻟﻠﻪِ
ﻣَﻊَ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺷَﺬَّ ﺷَﺬَّ ﺇِﻟﻰَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ. )ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ
)2167 ( ﻭﺍﻟﺤﺎﻛﻢ )1/115 (، ﻭﻫﻮ ﺻﺤﻴﺢ ﺑﻄﺮﻗﻪ
ﻭﺷﻮﺍﻫﺪﻩ.
Ibn Umar berkata, Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya Allah tidak akan
mengumpulkan umatku, atas kesesatan.
Pertolongan Allah selalu bersama jama'ah.
Dan barangsiapa yang mengucilkan diri
dari jama'ah, maka ia mengucilkan dirinya
ke neraka."
ﺃَﻣَّﺎ ﺍَﻫْﻞُ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻓَﻬُﻢْ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟﺘَّﻔْﺴِﻴْﺮِ ﻭَﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ ﻭَﺍﻟْﻔِﻘْﻪِ
ﻓَﺈِﻧَّﻬُﻢْ ﺍﻟْﻤُﻬْﺘَﺪُﻭْﻥَ ﺍﻟْﻤَﺘَﻤَﺴِّﻜُﻮْﻥَ ﺑِﺴُﻨَّﺔِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ r ﻭَﺍﻟْﺨُﻠَﻔَﺎﺀِ
ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﺍﻟﺮَّﺍﺷِﺪِﻳْﻦَ ﻭَﻫُﻢُ ﺍﻟﻄَّﺎﺋِﻔَﺔُ ﺍﻟﻨَّﺎﺟِﻴَﺔُ. ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﻭَﻗَﺪْ
ﺍﺟﺘَﻤَﻌَﺖِ ﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﻓﻲِ ﻣَﺬَﺍﻫِﺐَ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔٍ ﺍﻟْﺤَﻨَﻔِﻴُّﻮْﻥَ
ﻭَﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻴُّﻮْﻥَ ﻭَﺍﻟْﻤَﺎﻟِﻜِﻴُّﻮْﻥَ ﻭَﺍﻟْﺤَﻨْﺒَﻠِﻴُّﻮْﻥَ. )ﺯﻳﺎﺩﺍﺕ
ﺗﻌﻠﻴﻘﺎﺕ, ﺹ 24-23 )
Adapun Ahlussunnah Wal-Jama’ah adalah
kelompok ahli tafsir, ahli hadits dan ahli
fiqh. Merekalah yang mengikuti dan
berpegang teguh dengan sunnah Nabi r
dan sunnah Khulafaur Rasyidin sesudahnya.
Mereka adalah kelompok yang selamat (al-
firqah al-najiyah). Mereka mengatakan,
bahwa kelompok tersebut sekarang ini
terhimpun dalam madzhab yang empat
yaitu Madzab Hanafi, Syafi’i, Maliki, dan
Hanbali. (Ziyaadaat Ta’liiqaat hal. 23-24)
Sayyid Murtadha al-Zabidi mengatakan:
ﺍِﺫَﺍ ﺍُﻃْﻠِﻖَ ﺍَﻫْﻞُ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻭَﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﻓَﺎﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﺎَﺷَﺎﻋِﺮَﺓُ
ﻭَﺍﻟْﻤَﺎﺗُﺮِﻳْﺪِﻳَّﺔُ )ﺍﺗﺤﺎﻑ ﺍﻟﺴﺎﺩﺓ ﺍﻟﻤﺘﻘﻴﻦ ﺝ2 ﺹ6 )
Jika disebut Ahl al-Sunnah Wa al-Jama’ah
maka yang dimaksud adalah para pengikut
Imam al-Asy’ari dan Imam al-Maturidi (Ithaf
al-Sadah al-Muttaqin, Juz 2, hal. 6)
Sumber Aswaja NU Center

 ____

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar